Siti Zuhro : Gaji Perangkat Desa Seharusnya Diatur dalam RUU ASN

2

30 Oktober 2012 oleh aliansidesa

Sindonews.com – Usulan dari berbagai kalangan agar gaji perangkat desa disetarakan dengan Upah Minimum Regional (UMR) dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa, dinilai tidak tepat.

Seharusnya hal tersebut di atur dalam RUU Aparatur Sipil Negera (ASN).

Pengamat pemerintahan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, sejauh ini gaji pegawai/aparat di semua jejang pemerintahan, levelnya terkesan kurang memadai.

Sebab itu, sistem penggajian sudah saatnya dibenahi disesuaikan dengan kebutuhan kinerja dan tuntutan hidup yang makin tinggi. “RUU ASN sebagai revisi terhadap UU 43 tahun 1999 tentang UU pokok-pokok kepegawaian yang sedang digodok di DPR, semestinya mengatur tentang pegawai dan penggajiannya,” ujarnya saat dihubungi SINDO di Jakarta, Jumat (26/10/2012).

Menurutnya, untuk gaji yang memadai perangkat desa seharusnya aturannya jelas, apakah ditanggung APBD atau didasarkan atas kondisi keuangan desa. Pasalnya, selama sebagian besar keuangan desa bermasalah dari dana negara, berarti harus masuk dalam ranah pemebahasan RUU ASN.

“Artinya penambahan jumlah gaji untuk aparat desa harus disesuaikan dengan dana yang tersedia di APBN,” katanya.

Pengamat pemerintahan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito menambahkan, tidak semudah itu gaji perangkat desa di setarakan dengan UMR. Pasalnya, hal tersebut harus di lihat dari kemampuan serta potensi keuangan desa dalam memenuhi gaji tersebut.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh keuangan desa disetiap desa berbeda-beda yang mengakibatkan tidak seluruh desa mampu memenuhi gaji perangkat desa di setarakan dengan UMR.

“Keuangan desa selama ini berbeda-beda. Sebab itu, ke depan perlu membenahi Alokasi Dana Daerah (ADD) supaya ada keadilan untuk desa,” tandasnya.

Arie juga mengapresiasi usulan berberbagai pihak kesejahteraan perangkat desa diperhatikan agar pelayanan publik desa berjalan. Pasalnya, selama ini nasib perangkat desa terutama desa-desa miskin, memprihatinkan yang berdampak pada pelayanan buruk ke warga.

“Oleh karena itu, gaji mereka harus dipenuhi. Namun, itu harus diimbangi akuntabilitas,” katanya. (sindo)

About these ads

2 gagasan untuk “Siti Zuhro : Gaji Perangkat Desa Seharusnya Diatur dalam RUU ASN

  1. Joko santosa mengatakan:

    Berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri tanggal 16 April 2009 Nomor : 900/1303/SJ perihal Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh Indonesia, yang menyebutkan pada angka 11 huruf b yaitu bahwa penghasilan tetap yang sama dengan Upah Minimum Regional (UMR) adalah amanat ketentuan pasal 27 Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa, khusus bagi PEMDA Kabupaten yang belum mampu membayar sesuai UMR,

    • Agil Ppdi mengatakan:

      yg lebih ironisnya lagi dikalangan pemerintah daerah mengeluarkan visi dan misinya bahwa :
      1. Rakyat tidak lapar
      2. Rakyat tidak bodoh
      3. rakyat tidak sakit.

      bagaimana Visi & misi itu bs terwujud jikalau Aparatur Pemerintah Desa nya sendiri masih kelaparan dan sakit akibat tdk adanya perhatian pemerintah untuk memberikan hak-hak sebagai hasil dari sebuah pekerjaan Pokok dalam pelayanan msyarakat Desa……

      Salah Satu contoh kongkrit di daerah Pulau Sumatera Rata-rata Penghasilan tetap Kepala Desa Rp. 1.200.000,- dan Perangkat Desa hanya Rp.300.000,-/bulan dan diterima/ triwulan…( Tiga Bulan sekali ) kemudian tunjangan penghasilan lainnya selain dari itu tdk ada lagi , semata2 hanya nominal tersebut diatas……kalau dipikir secara rasionalnya saja dengan nominal yg sedemikian itu apakah visi & Misi itu dapat terwujud……..?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 174 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: