PPDI Kendal Datangi Kejaksaan Terkait Pemanggilan Perangkat Desa

Tinggalkan komentar

9 November 2012 oleh aliansidesa

KENDAL, Terkait pemanggilan Perangkat Desa sebagai Pemunggut Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) ke Kejaksaan Negeri Kendal, hari ini, jum’at, 9 Nopember 2012, jam 9.00.WIB ,Pengurus PPDI Kendal bertandang ke Kantor Kejaksaan untuk beraudiensi. Setidaknya mengetahui kondisi terakhir Perangkat Desa yang di panggil untuk dimintai keterangan di  Penuntut umum di lain hal sesuai pokok surat yang di kirim yaitu  meminta penjelasan dari Pihak kejaksaan akan permasalahan tersebut ,supaya ada solusi anatara Pemerintah Kabupaten Kendal, Kejaksaan dan PPDI sebagai Induk Organisasi Perangkat Desa.

Dalam audiensi yang  di pimpin oleh Chumaidi,SH sebagai Ketua Umum  PPDI Kabupaten Kendal, disampaikan ” PPDI Kendal menyampaiakan terima kasih atas diterimannya Pengurus PPDI Kabupaten Kendal oleh Kejaksaan, untuk selanjutnya kami meminta Dasar Hukum pemanggilan anggota kami,diaktifkannya kembali program Jaksa masuk Desa , dan bagaimana  solusi  yang ditawarkan kejaksaan terkait masalah PBB  di Kabupaten Kendal.

Lebih lanjut disampaiakan chumaidi,Ada Peran Kejaksaan dalam pembinaan Hukum di kabupaten Kendal yang kami harapkan ada sebagaimana dulu pernah ada,yaitu jaksa masuk desa,pada waktu itu ada Juklak  Penyelenggaraan  Jaksa masuk desa ( JMD ) Tahun 1983/1984  yang ditanda tangani Jaksa Agung RI Ismail Saleh,SH   pada tanggal 19 Mei 1983 mengunakan cara “PEKA”

  • Pesuasif  : meyakinkan,tertarik ,memperhatikan minat yg disuluh tanpa paksaaan.
  • Edukatif : Mendidik dengan penuh kesabaran supaya sadar Hukum.
  • Komunikatif : Terjadi Pembicaraan Timbal balik.
  • Akomodatif : Menampung dan memberikan Jalan keluar disesuaikan tingkat kecerdasan masyarakat.

Harapan Pengurus PPDI di Kabupaten Kendal ada Penjernihan bidang tugas masing-masing Istansi Penegak Hukum antara Kepolisian dan Penuntut umum menurut KUHAP Pasal 1 butir 1 dan 4 jo Pasal 1 butir 6 huruf a jo.Pasal 13 KUHAP :

  • Kepolisian berfungsi dan berkedudukan sebagai Penyidik Tunggal ( Pasal 4 )
  • Kejaksaan berfungsi sebagai aparat yang berwenang melakukan penuntutan ( Pasal 13 ).

Bahwa Penyidik adalah pejabat PNS tertentu dilingkungan Dirjen Pajak yang diberi wewenang khusus sebagai penjidik untuk melakukan penyidikan Tindak Pidana  di bidang perpajakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.Pasal 1.32. (UU RI No.27 Th 2007 ketentuan umum dan tata cara perpajakan).

PPDI Kendal menyayangkan ada fungsi  “Pembinaan dan pengawasan” Penyelenggaraan Pemerintah Desa dikoordinasikan oleh Bupati /wali Kota  (pasal 222(3) yang sanksinya diberikan kepada Kepala Desa( Pasal220(2). UU32Th.2004 Pemda.Dimana ada peran dan fungsi Inspektorat (PPNS ) pasal 6 ayat (1) huruf b. Yang mana fungsi tersebut perlu diperdayakan lagi  dalam permasalahan pajak.Karena amanat UU Pertanggungjawaban ada dikepala Desa ,maka Kepala Desa agar mendampinggi perangkat Desa yang di panggil ke Kejaksaan.

Menanggapi apa yang di sampaikan PPDI,Jaksa Fik fik menjelaskan,bahwa pemanggilan bersifat peseuasif,pembinaan,penelusuran,belum mengarah ke Pidana,bahwa upaya ini adalah atas MoU antara Pemerintah Kabupaen Kendal dan Kejaksaan,soal pembinaan hukum saya setuju langkah PPDI dan atas usulan pemanggilan Kades juga akan saya lakukan.

Menurut keterangan dari DPPKAD, Bahwa di panggilnya Perangkat Desa pasti ada Laporan atau Pengaduan, yang jelas hal tersebut atas hasil kesepakatan antara bagian Hukum,Bapermasdes,Inspektorat ,bahwa apa yang terjadi saat ini akan kami laporkan ke pimpinan kami , didalamnya pasti sampai ke Bupati Kendal.

Setelah audiensi Pengurus PPDI Kendal meneruskan untuk bertemu Perangkat Desa yang diundang,berpesan untuk taat pajak dan bagaimana menjaga citra , untuk bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tuntas yang berujung pada pencitraan nama baik Perangkat itu sendiri dan Pemerintah Desa,Kepala Desa,Paguyuban Praja dan Organisasi PPDI Kabupaten Kendal.

(oleh Ppdi Mandiri Kendal pada 9 November 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: